PENYULUHAN SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PERAN IBU DALAM IMPLEMENTASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Authors

  • Ari Sulistyawati AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH
  • nova listiana AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH

Keywords:

penguatan melalui penyuluhan, implementasi PHBS

Abstract

Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup bersih dan sehat. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat harus dimulai dari perorangan dan keluarga atau rumah tangga terutama ibu. Ibu mempunyai peran utama yang dapat membangun kesehatan dalam keluarga, maka diperlukan ibu yang mempunyai pengetahuan yang dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam rumah tangga serta aktif dalam meningkatkan status kesehatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penyuluhan sebagai upaya PHBS tatanan rumah tangga. Penelitian dilakukan di RT IV Dusun Kembang Putihan Desa Guwosari Pajangan Bantul Tahun 2015. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah ibu-ibu yang memiliki balita sebanyak 65 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yaitu tentang pengetahuan dan PHBS. Analisis bivariat menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan peran ibu diketahui 14 responden (21,5%) kategori baik, 44 responden (67,7%) cukup dan tujuh responden (10,8%) kategori baik dengan nilai korelasi antara dua variabel penyuluhan sebagai upaya penguatan dengan implementasi PHBS sebesar 0,893, dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Kesimpulan penelitian ini perlakuan berupa penyuluhan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang PHBS pada ibu di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

References

BAPPENAS. 2010. Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta: BAPPENAS.

Dermawan & Setiawan. 2014. Proses Pembelajaran dalam Pendidikan Keperawatan. Jakarta: TIM.

Dinas Kesehatan DIY. 2012. Profil Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2011. Yogyakarta: Dinkes DIY.

Goni, dkk. 2013. Hubungan PHBS Rumah Tangga Dengan Penggunaan Jamban di PPA ID-127 Kelurahan Ranomuut Kota Manado. Jurnal Kedokteran dan Tropik. Vol 1 No 3 Agustus 2013.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 2269/Menkes/ Per/XI/2011 tentang Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup dan Sehat (PHBS). Pusat Promosi Kesehatan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI.

Kunoli dan Candriasih. 2012. Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Tatanan Rumah Tangga dan di Sekolah di Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Promotif Vol.2 No.1 Oktober 2012 Hal 17.

Manuaba. 2004. Buku Acuan Maternal dan Neonatal. Jakarta: YBPSP.

Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Proverawati A. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Sudayasa P. 2009. 10 Indikator PHBS Tatanan Rumah Tangga. http://www.puskel.com

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Varney H, Jan M Kriebs, Carolyn, L, G,2007. Buku Ajar Konsep Kebidanan, Edisi Bahasa Indonesia, editor Esty Wahyuningsih et al, edisi 4, EGC, Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-03