TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN MOTIVASI IBU MEMBERIKAN STIMULASI TUMBUH KEMBANG BAYI

Authors

  • Sri Sundari AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH
  • Khasanah Maulidia AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH

Keywords:

pengetahuan, motivasi, stimulasi, tumbuh kembang

Abstract

Proses tumbuh kembang anak merupakan proses yang berkesinambungan mulai dari lahir sampai dewasa. Masa bayi merupakan masa yang penting dalam tumbuh kembang. Agar tumbuh dan berkembang secara optimal, selain nutrisi yang baik dan kasih sayang yang cukup, bayi juga membutuhkan stimulasi yang tepat. Semakin dini dan semakin lama stimulasi dilakukan, maka akan semakin besar manfaatnya terhadap tumbuh kembang bayi. Untuk itu, keluarga mempunyai peran yang penting dalam pembinaan fisik, mental dan sosial bayi. Orang tua khususnya ibu harus memiliki pengetahuan tentang proses tumbuh kembang pada anak sehingga bila ada kelainan secara dini bisa diketahui. Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan motivasi ibu memberikan stimulasi tumbuh kembang pada bayi. Penelitian ini menggunakan survei analitik, dengan rancangan cross-sectional. Populasi adalah semua ibu yang mempunyai bayi di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Sukani berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Chi Square. Hasil uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai x2 hitung (33,537) > x2 tabel (5,991) dan p value (0,000)<0,05, maka Ho ditolak dan H? diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan motivasi ibu memberikan stimulasi tumbuh kembang bayi. Untuk keeratan dari kedua variabel tersebut diketahui nilai (C) sebesar 0,641 yang berarti terdapat hubungan dalam tingkat kuat antara kedua variabel. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan motivasi ibu memberikan stimulasi tumbuh kembang bayi.

References

Andriana, D. 2011. Tumbuh kembang & terapi bermain pada anak. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.

Ayu, Dinda. 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan dengan Tingkat Perkembangan Motorik Halus Pada Masa Prasekolah (3-6 Tahun) Di Dusun lemah Duwur Desa Sitirejo Kabupaten Malang. Tugas Akhir, Fakultas Kedokteran Brawijaya Malang. Pembimbing: (1) Titin Andri Wihastuti, S.Kp, M.Kes. (2) Ns. Dian Susmarini, S.Kep, MN.

Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depkes. 2006. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. http://www.dinkes.pengertian_tumbuh_kembang.go.id. Diakses pada tanggal 4 Mei 2014 Pukul 10.13 WIB.

Hidayat, A. A A. 2008. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A. A. A. 2010. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Kosegeran, Ismanto & Babakal, 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Ranoketang Atas. Ejournal Keperawatan, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Maryunani A. 2010. Ilmu Kesehatan Anak Dalam Kebidanan. Jakarta: TIM.

Marmi & Rahardjo, K. 2012. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nia, K. 2006. Stimulasi Tumbuh Kembang Untuk Mencapai Tumbuh Kembang Yang Optimal. Pustaka.unpad.ac.id/wp…/stimulasi_tumbuh_kembang_anak_optimal. Diakses pada tanggal 4 Mei 2014 Pukul 09.10 WIB.

Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev. 2, Jakarta: Rineka Cipta.

Palasari & Purnomo. 2012. Keterampilan Ibu Dalam Mendeteksi Dini Tumbuh Kembang Terhadap Tumbuh Kembang Bayi. Jurnal, Stikes Baptis Kediri.

Kusnadi, Rusmil. 2008. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. http://www.aqilaputri.rachdian.com. Diakses pada tanggal 20 April 2014 Pukul 11.00 WIB.

Setiaji, 2008. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setiawan, A dan Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan DIII, DIV, S1, dan S2. Yogakarta: Nuha Medika.

Soekanto, S. 2006. Penelitian Hukum Normatif. Surabaya: Bayumedia.

Soetjiningsih, 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Sugiyono, 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistaningsih. 2011. Metode Penelitian Kebidanan: Kuantitatif-Kualitatif. Ed.1, Yogakarta: Graha Ilmu.

Sulistyawati, A. 2014.Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Wangi, T. 2012. Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita Di Posyandu Klengkeng 1 Asrama Polisi Manahan Surakarta. http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang.pdf. Diakses pada tanggal 4 Mei 2014 Pukul 09.30 WIB.

Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Ed.1, Jakarta: Bumi Aksara.

Wawan & Dewi. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Downloads

Published

2020-12-02