Model Hubungan Pendidikan dan Latihan, Akses Informasi, Norma Subjektif dengan Keberdayaan Kader Keluarga Berencana

Authors

  • Juda Julia Kristiarini STIKES Guna Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.48092/jik.v8i2.168

Keywords:

Pendidikan dan latihan, akses informasi,, norma subyektif, keberdayaan kader

Abstract

Latar Belakang: Tingginya laju pertumbuhan penduduk berdampak pada penyediaan pangan, bahan konsumsi non pangan, lahan pertanian, lahan perumahan, lapangan pekerjaan, pendidikan, tingkat kesehatan masyarakat, dan kualitas hidup masyarakat. Pelitian ini bertujuan mengkaji keterkaitan variabel pendidikan dan latihan (diklat), akses informasi, norma subyektif dengan keberdayaan kader KB. Metode: Desain penelitian adalah observasional tipe korelasional, dengan pendekatan survei. Jumlah sampel penelitian adalah 220 orang, yang diambil berdasarkan proportional cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil dan Kesimpulan: Diklat tidak berpengaruh secara langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Akses Informasi berpengaruh langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Diklat berpengaruh langsung terhadap Norma Subyektif. Akses Informasi berpengaruh langsung terhadap Norma Subyektif. Norma Subyektif berpengaruh langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Norma Subyektif mampu memediasi pengaruh Diklat  terhadap Keberdayaan Kader KB. Norma Subyektif mampu memediasi pengaruh Akses Informasi terhadap Keberdayaan Kader KB.

Downloads

Published

2022-03-03

Issue

Section

Articles