Model Hubungan Pendidikan dan Latihan, Akses Informasi, Norma Subjektif dengan Keberdayaan Kader Keluarga Berencana
DOI:
https://doi.org/10.48092/jik.v8i2.168Keywords:
Pendidikan dan latihan, akses informasi,, norma subyektif, keberdayaan kaderAbstract
Latar Belakang: Tingginya laju pertumbuhan penduduk berdampak pada penyediaan pangan, bahan konsumsi non pangan, lahan pertanian, lahan perumahan, lapangan pekerjaan, pendidikan, tingkat kesehatan masyarakat, dan kualitas hidup masyarakat. Pelitian ini bertujuan mengkaji keterkaitan variabel pendidikan dan latihan (diklat), akses informasi, norma subyektif dengan keberdayaan kader KB. Metode: Desain penelitian adalah observasional tipe korelasional, dengan pendekatan survei. Jumlah sampel penelitian adalah 220 orang, yang diambil berdasarkan proportional cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil dan Kesimpulan: Diklat tidak berpengaruh secara langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Akses Informasi berpengaruh langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Diklat berpengaruh langsung terhadap Norma Subyektif. Akses Informasi berpengaruh langsung terhadap Norma Subyektif. Norma Subyektif berpengaruh langsung terhadap Keberdayaan Kader KB. Norma Subyektif mampu memediasi pengaruh Diklat terhadap Keberdayaan Kader KB. Norma Subyektif mampu memediasi pengaruh Akses Informasi terhadap Keberdayaan Kader KB.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Kebidanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal JIK memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Semua konten artike pada jurnal ini dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengann lisensi creative commons yang digunakan.
(JIK) Jurnal Ilmu Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike4.0 International License.