HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PARTISIPASI IBU HAMIL UNTUK MENGIKUTI KELAS IBU HAMIL

Authors

  • Esti Nugraheny AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH
  • noerhayati AKADEMI KEBIDANAN UMMI KHASANAH

Keywords:

dukungan suami, partisipasi ibu hamil, kelas ibu hamil

Abstract

Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk menurunkan AKI yaitu dengan mencanangkan program kelas ibu hamil. Namun berdasarkan data pemanfaatan kelas ibu hamil masih rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah dukungan suami. Dengan adanya dukungan suami diduga dapat meningkatkan partisipasi ibu hamil untuk mengikuti kelas ibu hamil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan partisipasi ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif inferensial dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang ANC di Puskesmas Bantul II dengan jumlah 152. Jumlah sampel 60 orang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dengan hasil 27 soal valid dan reliabilitas dengan nilai alpa chronbach 0,60. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan umur mayoritas 20 - 35 tahun, pendidikan SMP dan SMA, status tidak bekerja (IRT) serta paritas primipara. Terdapat hubungan yang secara statistik signifikan antara dukungan suami dan partisipasi ibu dalam mengikuti kelas ibu hamil. Ibu hamil yang didukung keluarga memiliki kemungkinan untuk mengikuti kelas ibu hamil 2,86 kali lebih besar daripada tidak didukung (OR=2,86; p=0.002). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan suami dengan partisipasi ibu untuk mengikuti kelas ibu hamil. Ibu yang suaminya mendukung memiliki peluang untuk berpartisipasi 2,86 kali lebih besar dibandingkan ibu yang tidak mendapatkan dukungan suami. Perlu peningkatan peran suami salah satunya melalui program suami siaga.

References

Dinkes Bantul. 2014. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul 2013. Bantul: Dinkes Bantul.

Dinkes Bantul. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Bantul 2014. Bantul: Dinkes Bantul.

Dinkes Kediri. 2015. Profil Kesehatan Kabupaten Kediri 2014. Kediri: Dinkes Kediri.

Fuada N dan Setyawati B. 2015. Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Indonesia. Jurnal Kesehatan. Vol. 4, Mei 2015.

Fransisca, P dan Erma, R. 2014. Hubungan Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu Post Partum dalam Pemberian Asi Eksklusif di RB Agustina Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Stikes Surya Mitra Husada. Kediri.

Hastuti, P.S., Nugroho, H., & Usnawati, N. 2011. Efektifitas Pelatihan Kelas Ibu H a m i l untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Keterampilan dan Kunjungan Ante Natal Care. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.

Izza, A dan Atmansyah. 2011. Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Volume 1, Nomor 2.

Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kemenkes RI. Kependudukan Nasional. 2013. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI).

Kusbandiyah, J. 2013. Analisis Implementasi Program Kelas Ibu Hamil oleh Bidan Puskesmas

di Kota Malang. Universitas Diponegoro. Semarang.

Masini dan Idhayanti. 2015. Pengaruh Umur, Tingkat Pengetahuan, Sikap terhadap Partisipasi

Ibu dalam Kelas Ibu Hamil di Kabupaten Magelang. Poltekkes Kemenkes Semarang.

Mifta N R. 2014. Faktor Yang Berhungan Dengan Perilaku Ibu Hamil Dalam Memanfaatkan

Pelayanan Ante natal Care Di Puskesmas Anang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin.

Makassar.

Notoadmodjo, S. 2007. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoadmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Septiani R. 2013. Pengetahuan, Sikap, dan Dukungan Suami dengan Keikutsertaan Ibu

Hamil dalam Kelas Ibu Hamil di Puskesmas Kota Metro Lampung. Jurnal Kesehatan, Vol. IV. No 2, Oktober 2013.

Widiantari, N. 2015. Hubungan Karakteristik dan Dukungan Sosial Suami dengan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Kota Denpasar. Universitas Udayana. Bali.

Downloads

Published

2020-12-07